Matinya Idealisme

3 comments
hijau hitam kini kembali
tegakkan panji
panji keadilan
sumber: kanetindonesia.com

lirik di atas adalah sepenggal semboyan wajib organisasi mahasiswa terbesar tanah air. Organisasi yang telah menghasilkan bapak-bapak bangsa negeri ini. Termasuk di dalamnya, Munir Thalib Said.

Tidak cuma Munir dan bapak-bapak tersebut yang bangga menjadi bagian dari organisasi ini. Saya, yang bukan apa-apa juga turut bangga menjadi bagian tak terpisahkan (secara moral) dari sang hijau hitam.

Kepekaan Munir pada rakyat telah membuat nyawanya dihilangkan oleh mereka yang takut kejahatannya dibongkar. Sungguh sayang, karena tak terasa kejadian ini seolah dilupakan oleh generasi selanjutnya yang buta, bisu, dan tuli akan sejarah yang pernah mendera negeri ini.

Popularitas Pilkada (pemilu), tebalnya kantong senior di pemerintahan, rasa-rasanya sukar untuk ditolak generasi sekarang. Sehingga, yang terjadi kemudian adalah gejala-gejala dehumanisme yang semakin banal mengatasnamakan kehidupan berdemokrasi. Tentu bagi mereka tak jadi soal menabrak peraturan dan meninggalkan sang pahlawan kemanusiaan dalam kubangan misteri. Karena satu, yang penting kanda senang.

Mereka, yang sejatinya mahasiswa, sudah dibebani kepentingan pemilik modal dari level paling dasar. Level yang seharusnya dimanfaatkan untuk belajar dan meramu pola pikir agar tetap menjunjung panji keadilan. Kini, keharusan itu pun direnggut oleh para senior yang membutuhkan dukungan dari bawah. Yang sialnya, mereka di bawah juga tidak kalah merengek memohon satu, dua proyek.

Kader baru, yang sedari awal diimingi nama-nama menawan yang telah berjasa dalam perjalanan bangsa ini, akhirnya hancur perlahan akibat ketamakan dan kelaparan mereka sendiri yang ingin sesegera mungkin naik kelas, tanpa mengikuti proses terlebih dahulu, tanpa belajar dan memilah mana yang benar mana yang buruk, mana kanda yang baik, mana kanda yang busuk.

Akibatnya, mereka lupa dengan identitasnya, lupa AD/ART yang tertulis jelas di buku sakunya. Lebih parah lagi, mereka lupa dan acuh pada orang yang telah membesarkan organisasinya. Orang yang nyawanya dirampas paksa di udara.

Lalu. Apa yang mereka bela? Apa yang mereka perjuangkan? Apa yang mereka kerjakan? Seperti kalimat di atas, mereka hanya mengikuti kehendak para kanda di mejanya (juga di penjara). Melakukan apa yang sudah diperintah. Sebagaimana kanda-kanda itu yang sudah (me)lupa(kan) Munir Thalib Said, dan menurunkannya pada mereka. Kawan-kawan saya.

Ketika bukti Tim Pencari Fakta (TPF) pembunuhan Munir dinyatakan hilang (jika tidak mau dikatakan dihilangkan), mereka yang notabene berada di bawah payung yang sama dengan almarhum justru tidak bergeming satu huruf pun. Aksi? Jangankan ini, sekedar kicauan di media sosial pun tak dijamah selayaknya pasangan calon pemimpin yang saban hari didukung. Lebih gawat lagi, tak ada satupun kader organisasi berlambang bulan bintang ini yang mempertanyakan bukti TPF tersebut (seingat saya).

Mereka, kebanyakan kader-kader organisasi yang bersejarah itu, secara berkala menistakan jubahnya sendiri, men-durhaka-kan diri dari seorang yang bernama Munir. Sebuah generasi baru yang enggan menggali kembali sejarah untuk mencari kebenaran “yang lain” dalam sebuah catatan masa lalu. Padahal, mereka para saksi sejarah yang harus, dan terus mengungkapkan kebenaran.

Alih-alih mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam kasus Munir, mereka, justru asyik mengamankan kekayaan tirani paling sohor di negeri ini. Membela mati-matian koruptor yang istrinya seorang walikota pinggiran Jakarta, dan bersaudari gubernur yang sudah di penjara.

Atau, menjadi tameng nomor satu mantan ketua pengurus besar yang entah kapan menggantungkan dirinya di Monas, dan kini justru mengibarkan partai baru (di balik jeruji) setelah pecah kongsi dengan partai penguasa sebelumnya. (saya belum tahu apakah partai nya lolos verifikasi Kemenkumham. Karena sudah tidak terdengar lagi gaungnya)

Mereka rela mengorbankan keadilan dan nuraninya demi berbakti pada kanda-kandanya yang laknat itu, hanya karena sang kanda royal dalam setiap kegiatan keorganisasian. Pertanyaannya adalah, di mana nilai-nilai dasar perjuangan yang selalu didengungkan? Ketika yang diperjuangkan hanya berlaku pada kanda yang masih hidup sekalipun di penjara dan menghidupi mereka.

Hal demikian tampaknya sudah menjadi mata rantai yang berjenjang setiap organisasi, terlebih organisasi mahasiswa yang tak bisa lepas dari para senior yang sudah nyaman di kursinya. Belum lagi, budaya meminta yang tiap kali wajib dilakukan jika telah tiba jadwal pelatihan. Meminta, lalu mengabdi pada yang memberi. Tanpa peduli dengan nilai-nilai kebenaran.

Menjual nama kanda-kanda yang sudah besar di negeri ini tidak salah memang, bahkan ini perlu dilakukan untuk menimbulkan ketertarikan bagi kader baru yang memang butuh sosok panutan. Tapi tentu kita tidak perlu membela mereka yang salah, yang menimbun kasus, dan terpenjara. Kita tidak perlu repot menjadi relawan para terdakwa, memuji setinggi langit, bolak-balik penjara untuk membesuk agar dapur organisasi tetap mengepul.

Di lain sisi, kita lupa dengan kanda yang bertaruh nyawa untuk membesarkan negeri ini, mengharumkan organisasi ini, seorang kanda yang telah mengembalikan hak asasi jutaan warga negara, yang tragisnya tak mampu menyentuh hati para dinda masa kini yang semakin culas, yang hanya berorientasi pada rupiah dan keagungan semu seniornya. Ada dimana mereka ketika kawan-kawan Kontras serta Suciwati (istri Munir) harus bertarung sekali lagi untuk mengungkapkan keadilan?

Seperti yang pernah diungkapkan Soe Hok Gie, ketragisan suatu idealisme adalah saat harus berhadapan dengan culasnya kekuasaan. Bagaimana idealisme setinggi langit menjadi sia-sia belaka, ketika harus menghadapi verbalisme pejabat, kepalsuan dan kedegilan. Pemuda-pemuda Indonesia yang penuh dengan idealisme akhirnya hanya punya dua pilihan. Pertama, tetap bertahan dengan idealisme mereka. Menjadi manusia yang non-kompromisitis dan orang-orang dengan aneh dan kasihan akan melihat mereka sambil geleng-geleng kepala:”dia pandai dan jujur, tapi sayang kakinya tak menginjak tanah,” atau dia kompromi dengan situasi yang baru. Lupakan idealisme dan ikut arus, bergabung dengan mereka yang kuat (partai, ABRI, ormas, klik dan lainnya) dan belajar teknik memfitnah dan menjilat, lengkap dengan ironi dan tragiknya.

Apa yang ditakutkan Gie memang terlihat nyata saat ini, bahkan lebih binal ketika tidak ada idealisme yang berbekas dalam benak mereka-mereka ini ketika setiap kompromi yang dilakukan tak sebanding dengan harga diri yang dipertaruhkan. Hingga muncul nama-nama seperti Anas Urbaningrum, Akil Mochtar, Abdullah Puteh, Andi Mallarangeng, dan yang terbaru, Irman Gusman.

Mendengar lirik agung di atas, sudah sepatutnya, juga seharusnya kita semua sadar seberapa penting kata-kata itu diciptakan, seberapa besar perjuangan pendahulu kita memperjuangkan itu, dan seberapa besar pula harapan mereka melihat kita melanjutkan perjuangan yang telah mereka perjuangkan.

Organisasi ini, organisasi kita, sudah kepalang besar dan tetap akan menjadi besar tanpa nama-nama di atas. Bukan mereka yang membuat organisasi kita sebesar ini. Sebaliknya, dengan tingkah pola mereka lah kita jadi malu, organisasi kita menjadi hancur karena kedegilan mereka kanda-kanda laknat. Untuk itu, tidak perlu lah kita menjilat ia yang sudah di penjara, merawat hartanya, dan meneruskan birahi politiknya.

            Saya tentu tidak menjadi paling benar akan hal ini, tidak juga merasa paling suci dari mereka yang satu payung organisasi dengan saya. Tapi, bagi saya, lebih baik berterus terang walaupun ada kemungkinan ditolak, bahkan ditindak. Karena, lebih baik saya bertindak keliru dari pada tidak bertindak karena takut salah. Lagi-lagi, Soe Hok Gie.

Tentu kita tidak ingin lagu "Darah Juang" hanya sebatas melafalkan, tanpa mengamalkannya. Karena sesungguhnya, memperjuangkan keadilan dan membela pelaku keadilan jauh lebih bermakna dari pada menikmati (dan menjadi boneka) kemunafikan. 

#SaveHMI



 



Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

3 komentar:

  1. Sebagai kader yang gak terlalu berkontribusi di hijau hitam tapi bangga menjadi bagiannya, saya lihat sulit... HMI menjalankan idealismenya. Kontrol KAHMI ke HMI terlihat jelas, padahal kanda-kanda ini punya kepentingan lain. Asalkan proposal cair ya dinda-dinda diam saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bang Erik hmi juga ternyata *salim*

      Ya begitulah keadaannya. Sama-sama tau aja, kalo istilahnya mah haha

      Hapus
  2. CARA TEPAT DAN CEPAT UNTUK MENAMBAH UKURAN PENIS DENGAN PERMANEN. INFO PEMESANAN: 082 242 088 137.BBM : 2B7AFF08. what sapp: +6282242088137
    https://klgpalembang.blogspot.com
    DAPATKAN DISKON DI TEMPAT KAMI !
    PROMO UNTUK PEMBELIAN 2 BOX KLG BONUS 1 BOX. 1 BOX ISI 3 KOTAK , KEMASAN DALAM 1BOX OBAT KLG ASLI Isi : 1 BOX ISI 3 Kotak. 1KOTAK 16 Pill @ 3800 mg 1BOX ISI (48 pill’s)
    ? KLG Obat Pembesar Penis NO.1 Di Dunia GARANSI 100% Pasti Berhasil
    | Cara Memperbesar Alat Vital Pria Secara Permanen & Kuat Sex semalam
    ?? Jadikan Penis Besar, Panjang, Kuat Dan Tahan Lama Sex. 100% Bergaransi .
    KLG HERBAL adalah obat pembesar penis lebih bagus dan sudah teruji secara klinis garansi jika tidak berhasil uang kembali.
    KHASIAT KLG PILLS USA : > Memperpanjang Penis > Mengencangkan Ereksi > Menambah Hasrat Seks > Atasi: Ejakulasi Dini > Obati:Lemah Syahwat > Menambah Hormon/Kental 100% Paten Permanen Aman Tanpa Efek .
    ?? CARA PEMAKAIAN KLG HERBAL PILLS :
    DI MINUM 1 PASANG WARNA HIJAU DAN ORANGE PADA SAAT MENJELANG TIDUR MALAM,BAIK DIMINUM DENGAN AIR HANGAT (USAHAKAN MINUM RUTIN DAN TERATUR UNTUK MENDAPATKAN HASIL YANG MAXIMAL SESUAI YANG DI INGINKAN) DIJAMIN DALAM 7 HARI AKAN MULAI NAMPAK HASILNYA.

    #Cara Pemesanan!!!
    • Nama Barang :
    • Nama Lengkap :
    • Alamat Lengkap :
    • No Hp:
    Bank Pembayaran Yg Di Inginkan BRI,Mandiri Setelah Di transfer tolong Konfirmasi,
    Contoh :
    Ferdian, 2 Botol KLG Pills,
    Jl. Soekarno-hatta No 189 Jakarta,
    Via MANDIRI Kirim Sms Ke : 082242088137.
    Barang pesanan anda, paket akan dikirim serapi mungkin untuk menjaga privacy anda??

    TERSEDIA : Obat pembesar penis
    ?KLG pils pembesar penis
    ?OBAT KUAT PRIA?
    ?VIAGRA U.S.A
    ?CIALIS
    ?PROCOMIL SPRAY
    ?PEMBESAR PENIS?
    ?VIMAX ORI CANADA
    ?COBRA OIL
    ?LINTAH OIL
    ?VIMAX OIL
    ?VACUM PENIS
    ?ALAT PEMBESAR PENIS. PROEXTENDER DLL

    (TERSEDIA JUGA: Aneka Kosmetik / Kecantikan)

    * pompa vakum pembesar pen!s dan payudara plus cream
    *. cream pembesar dan pengencang payudara brest-up cream 130ml.
    * .pelangsing badan fatlos 30cpslbeli 2 bonus 1
    *. pelangsing badan lidadaihua
    *. penggemuk badan ginseng 60caps
    *. peninggi badan grow-up 250capsbeli 2 bonus 1
    *. cream perontok bulu original removal hair quick soft skin
    *. penghilang bekas luka meili bahenling 60mg
    *. pemutih wajah paket tengsung
    *. pemutih selangkangan whitening-c obat dan ketiak 80grm
    *. hilangkan selulit/guratan dg stretch mark cream 200ml
    *. cream pemerah bibir & puting payudara queen 1 red 40grm
    *. pemutih gigi cleanness tooth
    *. obat penggemuk badan ginseng kianpi pil isi 60capsul
    *. penumbuh rambut hair tonicum spray 200ml bonus pil 1botol
    *. obat pengencang dan pembesar pantat buttoks cream 130ml
    *. obat rapet harum power vagin 30cpsl
    *. DLL..

    (TERSEDIA JUGA: Obat Kuat Vitalita)

    *. viagra usa 1botol 30 btl tbeli 2 bonus 1
    *. viagra cina 4tbltbeli 2 bonus 1
    *. viagra australi 4tbltbeli 2 bonus 1
    *. procomil spray tahan lama 15ml
    *. levitra germany 4tblt
    *. levitra germany isi 10tblt
    *. cialis england isi 4pil
    *. cialis england 10pil.
    *. nangen zhengzhangsu isi 12capsul
    *. africa black ant isi 6cpsl
    *. obat perangs4ng wanita sex drop cair 5ml
    *. obat perangs4ng wanita fly cair 5ml.
    *. obat perangs4ng wanita potenzol cair/ permen karet 25ml
    *. obat perangs4ng wanita serbuk china 200mg isi 4saset
    *. cobra oil / black mamba oil / arabian oil 60ml
    *. minyak lintah murni 60ml
    *. DLL..

    (TERSEDIA JUGA: Aneka Alat Bantu Sex DAN P/W)

    *. boneka full body electric
    *. barbie berbulu dan bergetar
    *. bulu getar mungil
    *. empot2 - getar + goyang + suara rintih
    *. empot - getar + suara rintih
    *. dua lubang getar
    MA'AF SAYA MELAYANI BAGI YANG SERIUS SAJA «
    Melayani pengiriman keseluruh kota di Indonesia seperti:
    JATENG, JATIM, JABAR,SULAWESI, BENGKULU, PAPUA, NTT, AMBON, SUMATRA, KALIMANTAN, ACEH,,,DLL
    "KEPUASAN CUSTOMER ADALAH PRIORITAS UTAMA KAMI"
    GARANSI 100% BERHASIL...!!

    BalasHapus