Kehendak Politik Ibukota

10 comments
sumber: www.merdeka.com

Seorang manajer Bank Syariah pernah berkata pada saya, “liat aja wan, PDI Perjuangan pasti nyalonin Ahok PILKADA ntar, kalo enggak, iris kuping gue. Pola yang dipake PDI itu sama kayak nyalonin Jokowi jadi presiden, injury time”. Ucapannya  terbukti benar. Iya dong benar.  Secara manajer saya yang ngomong.

Setelah nasibnya terombang-ambing dan sempat ketar-ketir kala nama ibu Risma muncul ke permukaan jagat politik ibukota, Ahok akhirnya mendapat kepastian dari partai berlambang banteng tersebut. dan yang seperti kita duga semua, PDI tak akan mampu berpaling dari Ahok yang telah mendongkrak suara mereka di pemilu 2014 lalu.

PDI pun kembali bergabung dengan sejawatnya di pemerintahan, Nasdem dan Hanura yang sedari awal sudah mengusung Ahok sebagai Balon gubernur. Dan tentu saja, Golkar yang telah kembali pada fitrahnya sebagai partai pemerintah pasca diambil alih Setya Novanto, yang sempat menjadi poros hinaan Teman Ahok seantero jagat.

Kabar dari Hambalang pun tidak kalah gempar, setelah calon yang diusung Gerindra, Sandiaga Uno mondar-mandir tak jelas juntrungannya, akhirnya ia menemukan pasangan yang dirasa seirama dengan gaya kepemimpinan pak Uno. Tentu bukan Yusril Ihza Mahendra, apalagi M Taufik, terlebih (lebih) (lebih) lagi Ahmad Dhani, koalisi kekeluargaan lebih condong pada sosok yang sempat dicampakkan Jokowi dan koleganya, Anies Baswedan.

Melambungnya nama Anies Baswedan pada detik-detik akhir nyatanya tak bertahan lama, ketika dalam sekejap mata muncul nama baru yang lebih fenomenal. Fenomenal bukan karena turun kasta dari menteri menjadi calon gubernur, tapi fenomenal karena ia tak kuat melawan nafsu sang ayah serta kolega politiknya.

Agus Harimurti Yudhoyono, anak mantan presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, didapuk mewakili partai Demokrat (PKB, PPP, PAN) untuk ikut tempur menduduki balai kota bersama Sylfiana, seorang birokrat senior di DKI. Siapa yang menyangka jika SBY tega mengorbankan karir cemerlang putra sulungnya di militer. Bukan perkara mudah bagi Agus untuk memilih jalan politik, karena di waktu bersamaan ia harus terdepak dari kesatuan militer yang sudah menjadi bagian hidupnya.

“Mayor Infantri Agus Yudhoyono harus membuat  surat pengunduran diri sebagai anggota TNI, yang ditujukan ke komandannya, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono. Surat tersebut sebagai syarat penting untuk mendaftarkan diri menjadi calon gubernur ke KPU DKI. Nantinya, surat tersebut akan dilampirkan pada dokumen pendaftaran,” kata Muradi, selaku Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjajaran (sumber: CNN Indonesia).

Mendengar nama Agus dicalonkan menjadi calon gubernur Jakarta oleh partai ayahnya, hati saya berteriak, mengucap sumpah serapah pada partai pengusungnya (serta bapaknya). Demokrat tampaknya enggan belajar dari PDI Perjuangan yang kebablasan menjerumuskan Jokowi ke lubang setan kekuasaan.

Tentu kita belum tahu apakah Agus akan bernasib sama seperti Jokowi. Tapi jika kita lihat dari pengalaman politik bangsa ini, hal tersebut menjadi sebuah kemungkinan yang tak terelakkan, belum lagi jika Golkar mulai membelot (lagi) ke Cikeas untuk menjalani transaksi politik yang diperdagangkan.

Agus, seorang prajurit terbaik Indonesia harus rela mengubur mimpinya menjadi jenderal karena ketamakan partai sang bapak. Seperti kata Ikrar Nusa Bakti, “akan menjadi sebuah blunder jika Demokrat benar-benar mengusung namanya, sebagai prajurit yang bermasa depan cerah, penunjukkan Agus sebagai calon gubernur akan berdampak buruk pada banyak pihak, terutama keluarga SBY sendiri,”

Ini bukan hanya menjadi penyesalan SBY dan istri di kemudian hari karena gagal melihat sang anak menjadi Jenderal. Tapi akan membuat mendiang Sarwo Edhie, kakek Agus Yudhoyono tidak tenang di alam sana, karena almarhum bercita-cita memiliki cucu seorang Jenderal, seperti dirinya. Lanjut peneliti LIPI tersebut.

Dalam politik, kehendak adalah raja, sementara pelakunya hanyalah papa. Seperti Agus yang tidak bisa melawan kehendak politik sang ayah, sekalipun ia harus membuat sang kakek merana di keabadiannya, atau Anies Baswedan yang rela menjadi kaki tangan Prabowo, sosok yang dia hujat selama pemilihan presiden lalu, dan Ahok beserta 1 juta temannya itu lebih memilih jalur partai ketimbang independen.

Kehendak politik pada akhirnya dapat berakibat pada konflik dan kejahatan. Seperti yang kita rasakan pasca pemilu 2014 lalu yang masih menyimpan dendam antar para mujahid-mujahid Jokowi dan Prabowo. Yang rela mati membela orang yang dinabikannya. Saat yang satu menghina lewat agama dan yang lain menjatuhkan melalui kenangan masa silam.

Dalam pandangannya, Arthur Schopenhauer, menganggap bahwa, Kehendak, dalam hakikatnya bersifat jahat, dan satu-satunya cara mengatasi penderitaan dan kejahatan adalah mengingkari kehendak, menolak untuk ambil bagian dalam persaingan egoistis untuk mendominasi orang lain.

Buah pemikiran filsuf asal Jerman tersebut tampaknya benar-benar diamini oleh Tri Rismayani, walikota Surabaya, dan Ridwan Kamil, walikota Bandung yang enggan mengikuti kehendak partai pengusungnya. Sindiran-sindiran yang dilancarkan Ahok (yang sudah was-was) ketika mendengar nama kedua pemimpin daerah tersebut akan dicalonkan beberapa partai pun nyatanya tak mampu membuat mereka meninggalkan tanggung jawab di kotanya masing-masing.

Mengingkari kehendak bukanlah hal yang mustahil dalam berpolitik, karena politik terlalu elastis untuk diingkari. Dan dalam politik pula, kebenaran hanyalah subjektifitas. Seperti PAN, PKB, PDI Perjuangan, PPP, yang pada akhirnya pisah jalan sebelum Koalisi Kekeluargaan benar-benar mekar, atau Teman Ahok yang ikhlas mengelu-elukan Setya Novanto ketika partai beringin merapat ke pemerintahan.

Yang menggelikan dari Pilkada DKI kali ini adalah, semua berlomba membuat Jakarta bersih dari nama Ahok, asal bukan Ahok. Bukan demi Jakarta itu sendiri. Dan bagi yang anti Ahok, “mereka hanyalah kafir yang akan merusak bangsa”, sementara untuk Ahokers, “mereka semua adalah orang-orang sesat dalam agama dan pendukung ISIS”. Ya, mereka Saling menuding rasis, padahal sama saja.




Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

10 komentar:

  1. Ahok adalah pilihan paling realistis. Kinerja baiknya sudah terasa sementara yang lain baru 'menawarkan' kinerjanya.

    Btw, ane pertamax, gan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg gw seneng dari ahok dia ga takut sama politikus2 yg lebih senior.

      Ane juga pertamax gan. Bagi cendolnya dunk

      Hapus
  2. Sudah mulai rapih dari segi tampilan penulisannya. Kalimat yang dipilih pun sangat baik.

    Dihh, naon deuih aink.

    Gue ga begitu kafah sih soal politik, tapi gue sepakat. Ahok, sudah ngasih kontribusi yang positif meskipun seringkali caranya negatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kerja dia beneran kerja. Nggak sembarangan ngebacot. Yang bikin gw gasuka sama ahok cuma 1. Teman ahok (bajer)

      Hapus
  3. Perhatikan kapital dalam penyebutan nama saat ada di tengah kalimat. Usahakan selalu mencari gmbar yang pixelnya besar. Jadi tetap bagus saat di upload ulang ke dalam blog.

    Lalu, kurang setuju sama pernyataan Wanda pada bagian ini :

    "Setelah nasibnya terombang-ambing dan sempat ketar-ketir kala nama ibu Risma muncul ke permukaan jagat politik ibukota, Ahok akhirnya mendapat kepastian dari partai berlambang banteng tersebut. dan yang seperti kita duga semua, PDI tak akan mampu berpaling dari Ahok yang telah mendongkrak suara mereka di pemilu 2014 lalu"

    Kayaknya kita harus ngobrol langsung untuk bahas ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Kak koreksinya.

      Aku siap ngobrol apa aja kok
      *Rapihin sorban*

      Hapus
  4. Yang udah jelas aja kinerjanya, biar diteruskan dulu janji-janji sebelumnya. Masalah parpol dibelakangnya sih yasudahlah.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkadang, yg baik Untuk masyarakat tapi bisa merugikan parpol pengusung itu bisa jadi hambatan kerja juga sih. Heheh

      Hapus
  5. pilkada DKI semakin menarik dengan adanya ketiga calon tsb, karena masyarakat banyak yang dibuat bingung... semoga mamah-mamah muda DKI memilih bukan karena wajah calon yang lebih disukai ya,,,hihihi

    BalasHapus
  6. CARA TEPAT DAN CEPAT UNTUK MENAMBAH UKURAN PENIS DENGAN PERMANEN. INFO PEMESANAN: 082 242 088 137.BBM : 2B7AFF08. what sapp: +6282242088137
    https://klgpalembang.blogspot.com
    DAPATKAN DISKON DI TEMPAT KAMI !
    PROMO UNTUK PEMBELIAN 2 BOX KLG BONUS 1 BOX. 1 BOX ISI 3 KOTAK , KEMASAN DALAM 1BOX OBAT KLG ASLI Isi : 1 BOX ISI 3 Kotak. 1KOTAK 16 Pill @ 3800 mg 1BOX ISI (48 pill’s)
    ? KLG Obat Pembesar Penis NO.1 Di Dunia GARANSI 100% Pasti Berhasil
    | Cara Memperbesar Alat Vital Pria Secara Permanen & Kuat Sex semalam
    ?? Jadikan Penis Besar, Panjang, Kuat Dan Tahan Lama Sex. 100% Bergaransi .
    KLG HERBAL adalah obat pembesar penis lebih bagus dan sudah teruji secara klinis garansi jika tidak berhasil uang kembali.
    KHASIAT KLG PILLS USA : > Memperpanjang Penis > Mengencangkan Ereksi > Menambah Hasrat Seks > Atasi: Ejakulasi Dini > Obati:Lemah Syahwat > Menambah Hormon/Kental 100% Paten Permanen Aman Tanpa Efek .
    ?? CARA PEMAKAIAN KLG HERBAL PILLS :
    DI MINUM 1 PASANG WARNA HIJAU DAN ORANGE PADA SAAT MENJELANG TIDUR MALAM,BAIK DIMINUM DENGAN AIR HANGAT (USAHAKAN MINUM RUTIN DAN TERATUR UNTUK MENDAPATKAN HASIL YANG MAXIMAL SESUAI YANG DI INGINKAN) DIJAMIN DALAM 7 HARI AKAN MULAI NAMPAK HASILNYA.

    #Cara Pemesanan!!!
    • Nama Barang :
    • Nama Lengkap :
    • Alamat Lengkap :
    • No Hp:
    Bank Pembayaran Yg Di Inginkan BRI,Mandiri Setelah Di transfer tolong Konfirmasi,
    Contoh :
    Ferdian, 2 Botol KLG Pills,
    Jl. Soekarno-hatta No 189 Jakarta,
    Via MANDIRI Kirim Sms Ke : 082242088137.
    Barang pesanan anda, paket akan dikirim serapi mungkin untuk menjaga privacy anda??

    TERSEDIA : Obat pembesar penis
    ?KLG pils pembesar penis
    ?OBAT KUAT PRIA?
    ?VIAGRA U.S.A
    ?CIALIS
    ?PROCOMIL SPRAY
    ?PEMBESAR PENIS?
    ?VIMAX ORI CANADA
    ?COBRA OIL
    ?LINTAH OIL
    ?VIMAX OIL
    ?VACUM PENIS
    ?ALAT PEMBESAR PENIS. PROEXTENDER DLL

    (TERSEDIA JUGA: Aneka Kosmetik / Kecantikan)

    * pompa vakum pembesar pen!s dan payudara plus cream
    *. cream pembesar dan pengencang payudara brest-up cream 130ml.
    * .pelangsing badan fatlos 30cpslbeli 2 bonus 1
    *. pelangsing badan lidadaihua
    *. penggemuk badan ginseng 60caps
    *. peninggi badan grow-up 250capsbeli 2 bonus 1
    *. cream perontok bulu original removal hair quick soft skin
    *. penghilang bekas luka meili bahenling 60mg
    *. pemutih wajah paket tengsung
    *. pemutih selangkangan whitening-c obat dan ketiak 80grm
    *. hilangkan selulit/guratan dg stretch mark cream 200ml
    *. cream pemerah bibir & puting payudara queen 1 red 40grm
    *. pemutih gigi cleanness tooth
    *. obat penggemuk badan ginseng kianpi pil isi 60capsul
    *. penumbuh rambut hair tonicum spray 200ml bonus pil 1botol
    *. obat pengencang dan pembesar pantat buttoks cream 130ml
    *. obat rapet harum power vagin 30cpsl
    *. DLL..

    (TERSEDIA JUGA: Obat Kuat Vitalita)

    *. viagra usa 1botol 30 btl tbeli 2 bonus 1
    *. viagra cina 4tbltbeli 2 bonus 1
    *. viagra australi 4tbltbeli 2 bonus 1
    *. procomil spray tahan lama 15ml
    *. levitra germany 4tblt
    *. levitra germany isi 10tblt
    *. cialis england isi 4pil
    *. cialis england 10pil.
    *. nangen zhengzhangsu isi 12capsul
    *. africa black ant isi 6cpsl
    *. obat perangs4ng wanita sex drop cair 5ml
    *. obat perangs4ng wanita fly cair 5ml.
    *. obat perangs4ng wanita potenzol cair/ permen karet 25ml
    *. obat perangs4ng wanita serbuk china 200mg isi 4saset
    *. cobra oil / black mamba oil / arabian oil 60ml
    *. minyak lintah murni 60ml
    *. DLL..

    (TERSEDIA JUGA: Aneka Alat Bantu Sex DAN P/W)

    *. boneka full body electric
    *. barbie berbulu dan bergetar
    *. bulu getar mungil
    *. empot2 - getar + goyang + suara rintih
    *. empot - getar + suara rintih
    *. dua lubang getar
    MA'AF SAYA MELAYANI BAGI YANG SERIUS SAJA «
    Melayani pengiriman keseluruh kota di Indonesia seperti:
    JATENG, JATIM, JABAR,SULAWESI, BENGKULU, PAPUA, NTT, AMBON, SUMATRA, KALIMANTAN, ACEH,,,DLL
    "KEPUASAN CUSTOMER ADALAH PRIORITAS UTAMA KAMI"
    GARANSI 100% BERHASIL...!!

    BalasHapus