Kamis, 22 Oktober 2015

Mengatasi Kanker ala anak Kost

Dollar naik turun itu biasa, sama halnya dengan dompet kita, yang kadang tebel, walau lebih sering tipisnya. Apalagi buat anak kost-an yang masih bergantung dengan orang tua. Terus, kalo duit udah abis dan kiriman orang tua belom nyampe gimana? Tenang, lo ga bakalan mati kelaperan ( syarat dan ketentuan berlaku ).
Berikut ini, gue bakalan ngasih tips dan trik cara mengatasi KANKER alias Kantong Kering, ala gue. *Semoga ada yang peduli

Pasang Muka Melas
Yang pertama, selama lo bokek, gue saranin lo memanfaatkan muka melas yang bisa ngegambarin kalo lo sedang kelaparan, seolah-olah mau mati juga bisa, tergantung situasi dan kondisi hati. Karena dari mimik muka susah lo itu, dari 20 temen, seenggaknya 1 temen lo bakalan kasian dan ngasih lo sedikit uang. Tap, ya percuma muka lo udah melas tapi tetangga atau temen kost-an lo engga ada yang peka atau malahan engga kenal sama lo. Sama aja bunuh diri itu namanya. Intinya, pinter-pinter milih temen.

Bisa juga kalo lo masuk kamar penghuni kost-an satu persatu, tidak perlu berlama-lama didalam, cukup melihat ada makanan atau tidak. Kalo engga ada ya langsung keluar, kalo ada ya….selamat menikmati indahnya berbagi. Tapi teteeuuup, pake muka melas.

Catatan: kalo muka lo udah melas dari sono nya, engga perlu lo sok melas-melas lagi, karena nantinya lo bakal dikira mau mati saat itu juga. Dapet duit kaga, malah mati gentayangan ntar lo. Jadi nyusahin.

Manfaatkan Peluang
Maksudnya, kalo ada temen kost-an lo yang lagi makan, gue saranin lo ikutan nimbrung, tapi ya jangan keliatan banget lo pengen minta makan. Cukup duduk disampingnya sambil nonton TV dan sekali-kali lirik ke arah makanan, niscaya dia akan berkata “makan-makan”. Nah disitu baru lo abisin dah makanannya, persetan dengan anggapan “dia Cuma basa-basi nawarin makan”, karena perut lo juga gak bisa diajak basa-basi kan kalo lagi laper??? Daripada ntar lo dikatain “lo rese kalo lagi laper” sama temen lo!

Kesempatan besar lo datang kalo temen lo lagi makan rame-rame pake nampan, dan biasanya nasi dan lauknya banyak, ala-ala anak pesantren gitu deh. Nah itu yang harus lo deketin. Sekedar lewat doang, lo pasti ditawarin makan. Selain lo dapet makan enak, lo bisa nambah temen juga. Kenyang deh itu sampe begah perut lo.

Jangan Mandi
Loh kenapa jangan mandi? Logikanya, ketika lo engga mandi, orang-orang pasti kasian liat lo, “kasian banget tuh orang, bajunya kucel banget, mukanya juga kusut. Pasti lagi engga ada duit”. Mungkin itu yang mereka pikirin kalo liat lo. Dari situ aja, orang udah punya persepsi sendiri tentang lo, dan merasa iba liat ke-jelek-an lo yang ditambah dengan bua ketek yang semerbak. Masalah dia mau minjemin duit atau engga ya itu……… Wallahua’lam :p

Mendadak Baik
Kalo cara-cara diatas engga berhasil, berarti lo harus jadi orang baik, perhatian, dan tolong menolong. Ya seenggaknya buat sehari doang atau selama lo engga punya uang. Disaat temen lo pengen makan tapi males ke warung beli makanan, ada baiknya lo menawarkan diri biar lo yang jalan ke warung untuk beliin makanan. Nah itu lo bisa minta dibayarin atau ngutang sama dia, atau engga ya minta bagian makanannya dikitlah.

Praktek ini akan berhasil kalo lo melakukan perjanjian “pra-ke warung” terlebih dahulu dengan yang bersangkutan. Bilang ke dia “sini gue yang beliin deh, tapi gue sekalian ngutang ya, kalo engga ya gue minta dikit dah”. Kalo dia setuju ya sama-sama bisa makankan. Kalo dia enggak setuju? Ya engga rugi juga lo. Dia makin laper, lo juga engga perlu panas-panasan ke warung. Sama-sama enak kan???

Akrab Dengan Yang Punya Kost-an
Ketika temen lo engga bisa bantuin karena punya masalah yang sama dengan lo, jalan pintas yang pantas lo coba adalah berharap kebaikan ibu kost. Tapi dengan catatan, lo harus deket sama ibu kost. Percuma kalo dia nya baik tapi lo engga kenal dan engga deket sama ibu kost. Dia juga males bantuin lo kalo engga kenal, apalagi kalo lo sering bikin masalah di kost-an.

Kalo lo kenal sama ibu kost, akrab, dan baik sama dia, percayalah, dia akan jauh lebih baik sama lo. Dia engga akan sungkan ngasih makanan ke lo, minjemin ini itu sama lo pun dia engga akan keberatan. Yang penting satu, lo baik sama dia dan engga pernah buat ulah selama ngekost.

*****
Sekian sekelumit tips dan trik yang tidak penting-penting banget ini. tapi setidaknya bisa dijadikan bahan renungan dan memungkinkan untuk dicoba jika sedang kepepet. Mau dipraktekin ya syukur, engga dipraktekin ya…kebangetan lo.

Jika terjadi kesamaan peran, tempat, dan waktu kejadian, itu bukanlah suatu kebetulan, karena memang bagian dari unsur kesengajaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar